Sekilas Tentang Inovasi Aplikasi “My Blue Bird”

Ada benarnya dengan istilah “dunia dalam genggaman.” Kini apa pun yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat bisa dilakukan dan dijangkau dengan sebuah telepon genggam bagi penggunanya.

Kemajuan teknologi digunakan oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia sebagai kesempatan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Hal tersebut tidak disia-siakan oleh sebuah perusahan jasa angkutan pelayanan taksi Blue Bird Group. Sebuah perusahaan jasa pelayanan angkutan darat.

16/12/15 Bertempat di Saka Bistro, Jl. Karang Sari. Bandung. PT. Blue Bird Tbk. meluncurkan sebuah aplikasi “My Blue Bird” untuk wilayah Bandung Raya sebagai bentuk jasa pelayanan pemesanan angkutan taksi untuk memudahkan masyarakat penggunanya. Sesuai dengan motto perusahan mereka ANDAL (Aman—Nyaman—Mudah—dan Langsung) Blue Bird melakukan berbagai inovasi dalam layanannya. “My Blue Bird” merupakan penyempurnaan dari Blue Bird Taxi Mobile Reservation yang sudah dioperasikan sejak tahun 2011, yang menjadikan Blue Bird sebagai perusahaan transportasi pertama di Indonesia, bahkan dunia, yang memiliki layanan Reservasi taksi melalui aplikasi mobile.

20151216_104403
Peluncuran Aplikasi My Blue Bird. Saka Bistro, Bandung. 16.12.15.@epiestgee

Melalui aplikasi “My Blue Bird”, masyarakat diharapakan dapat semakin mudah menjangkau dan mendapatkan layanan taksi Blue Bird, yang menjadi sebuah layanan taksi yang paling banyak digunakan dan dipercaya oleh masyarakat karena terbukti keamanan dan kenyamanannya. Melalui aplikasi ini masyarakat, khususnya di kota Bandung dan sekitarnya bisa menjangkau dan tahu persis keberadaan taksi yang dipesan, nomor taksi dan identitas pengemudinya.

Dalam press release menurut Sigit P. Djokoseotono selaku Direktur PT. Blue Bird Tbk. Ia mengungkapkan bahwa dengan aplikasi tersebut, pelanggan dapat semakin mudah mendapatkan layanan taksi yang telah terbukti memiliki keamanan dan kenyamanan yang tinggi. Selain itu, kita juga dapat mengetahui titik keberadaan taksi yang menjemput melalui peta digital, sehingga bisa memperkirakan waktu kapan taksi datang. Informasi tersebut penting, karena pelanggan dapat melakukan perencanaan perjalanan dengan aman dan akurat.

20151216_110101

Yang menarik dalam aplikasi “My Blue Bird” salah satunya adalah memudahkan masyarakat berkebutuhan khusus. Semisal bagi pengguna yang kesulitan berbicara dan mendengar, aplikasi ini memudahkan karena cukup dengan diklik saja. Sebagai salah seorang yang memiliki kekurangan fisik saya juga turut dimudahkan dengan aplikasi layanan taksi ini. Memesan taksi bisa di mana dan dari mana saja dengan sekali sentuh di layar telepon genggam.

Tak dipungkiri bahwa aplikasi pemesanan layanan transportasi melalui media online sudah marak sejak satu tahun ini. Namun “My Blue Bird” merupakan aplikasi pertama dalam jasa layanan taksi di Indonesia. Melalui aplikasi ini, pelanggan juga dapat memilih jenis taksi yang tersedia di Bandung, mulai dari jenis sedan dan MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan kapasitas penumpang dan barang yang lebih besar.

Keistimewaan lainnya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur “call driver” jika pelanggan ingin langsung mengkonfirmasi keberadaan armada yang akan menjemputnya bisa langsung menelepon pengemudi tanpa harus menghubungi call center. Meskipun demikian,nomor handphone pelanggan tidak muncul di perangkat mobile data terminal yang ada di mobil. Artinya, nomor telepon pelanggan tidak diketahui oleh pengemudi, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga privasi pelanggan.

Mengapa Bandung? Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata yang cukup beragam dengan kunjungan yang cukup tinggi dari wisatawan luarnegeri maupun domestik. Aplikasi “My Blue Bird” merupakan inovasi salah satunya untuk mendukung pariwisata sekaligus layanan bagi masyarakat penggunanya yang dinamis. Aplikasi ini memudahkan para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi untuk mengunjungi beberapa tujuan wisata yang ada di Bandung.

Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi kemacetan dan peningkatan jumlah volume kendaraan yang memasuki kawasan Bandung yang biasanya dipadati menjelang akhir pekan dan libur panjang. Sehingga para wisatawan domestik tak harus melulu membawa kendaraan pribadi ke kota Bandung, cukup menggunakan aplikasi My Blue Bird yang bisa diandalkan sebagai salah satu layanan tranportasi untuk pergi dan menikmati tempat-tempat tujuan wisata yang ada di kota Bandung dan sekitarnya.

Tidak terlepas dari kesempurnaan setiap sesuatu pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Aplikasi “My Blue Bird” hanya dapat digunakan bagi masyarakat pengguna telepon genggam yang mengandalkan jaringan internet. Meskipun saat ini hampir seluruh masyarakat baik dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan atas menggunakan telepon berbasis internet. Tidak dipungkiri jaringan yang hadir di Indonesia, baik di Kota Bandung terkadang mengalami gangguan sehingga menghambat proses penggunaan telepon genggam dan berbagai gawai dalam mengakses internet. Oleh karena itu layanan taksi call center tetap berjalan, dan jangan khawatir karena armada taksi Blue Bird merupakan armada taksi terbanyak yang ada di Indonesia. Karena Blue Bird beroperasi dengan komitmen untuk memberikan pelayanan transportasi darat yang memberikan kemudahan akses bagi para pelanggan. Armada taksi Blue Bird berada di lebih dari sekitar 480 titik penjemputan. Baik itu di pusat perbelanjaan hotel, lokasi wisata, stasiun, dan bandara.

Jadi, Anda para pengguna telepon genggam bisa mengunduh aplikasinya yang sudah tersedia di Google Playstore, Apple Store, dan Blackberry App World.

20151216_111425

Selamat menikmati berbagai perjalanan!

[EpiestGee]

2 thoughts on “Sekilas Tentang Inovasi Aplikasi “My Blue Bird”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s